Sabtu, 12 Desember 2015

13 Desember 2000: Al Gore mengakui pemilihan presiden

Wakil Presiden Al Gore enggan mengakui kekalahan ke Texas Gubernur George W. Bush dalam upayanya untuk presiden, setelah minggu pertempuran hukum atas menceritakan dari orang di Florida, pada hari ini pada tahun 2000.
Dalam pidato yang disiarkan televisi dari kantor seremonial berikutnya ke Gedung Putih, Gore mengatakan bahwa sementara dia sangat kecewa dan tajam tidak setuju dengan putusan Mahkamah Agung yang berakhir kampanyenya, "dendam partisan sekarang harus disingkirkan."
"Saya menerima finalitas hasil, yang akan disahkan Senin depan di Pemilihan College" katanya. "Dan malam ini, demi kesatuan kita sebagai orang dan kekuatan demokrasi kita, saya menawarkan konsesi saya."
Gore telah memenangkan suara populer nasional dengan lebih dari 500.000 orang, namun kalah tipis Florida, memberikan Pemilihan College ke Bush 271-266.
Gore mengatakan ia telah menelepon Bush untuk menawarkan ucapan selamat, menghormati dia, untuk pertama kalinya, dengan judul "presiden terpilih."
"Saya berjanji bahwa saya tidak akan memanggilnya kembali saat ini" kata Gore, mengacu pada saat pada malam pemilihan ketika dia menelepon Bush untuk memberitahu bahwa ia akan mengakui, kemudian dipanggil kembali setengah jam kemudian untuk menarik kembali konsesi itu.
Gore hanya mengisyaratkan apa yang akan dilakukannya di masa depan. "Saya telah melihat Amerika dalam kampanye ini dan saya suka apa yang saya lihat. Ini patut diperjuangkan-dan itu pertarungan saya tidak akan pernah berhenti. "
Di antara teman-teman dan keluarga di samping Gore adalah istrinya, Tipper, dan pasangannya, Senator Joseph Lieberman I. dari Connecticut, dan istrinya, Hadassah.
Sedikit lebih dari satu jam kemudian, Bush ditujukan bangsa untuk pertama kalinya sebagai presiden terpilih, menyatakan bahwa "bangsa harus naik di atas sebuah rumah dibagi." Berbicara dari podium dari Texas DPR, Bush mengabdikan pidatonya Tema rekonsiliasi mengikuti salah satu dari pemilihan presiden paling dekat dan paling disengketakan dalam sejarah AS. "Aku tidak terpilih untuk melayani satu pihak, melainkan untuk melayani satu bangsa," kata Bush.
Bush dan pasangannya, Dick Cheney, menjabat onJanuary 20, 2001. Mereka terpilih kembali pada tahun 2004 lebih dari Demokrat John Kerry dan John Edwards.


from History.com - This Day in History -

0 komentar:

Posting Komentar